Eks HGU Diminta untuk Lahan Rumah Subsidi

Jumat, 16 Oktober 20150 komentar

Medan. Satu faktor suksesnya program sejuta rumah, khususnya rumah bersubsidi di Provinsi Sumatera Utara (Sumut) adalah ditentukan ketersediaan lahan. Sayangnya di Sumut sejauh ini ketersediaanya kurang.

Untuk itu, DPD Realestat Indonesia (REI) Provinsi Sumut mengharapkan adanya dukungan lahan yang disediakan pemerintah.
"Kami minta sebagian lahan eks HGU PTPN 2 di Sumut, dapat disumbangkan untuk lahan pembangunan rumah subsidi," ujar Ketua DPD REI Sumut Umar Husin kepada MedanBisnis di Medan, Kamis (15/10) kemarin.

Sebagaimana diketahui, saat ini Kementerian BUMN dan Pemprov Sumut bersama PTPN 2 dan Badan Pertanahan Nasional (BPN), tengah merumuskan langkah-langkah untuk mencari solusi terbaik pendistribusian lahan eks HGU PTPN 2 seluar 5.873 Ha.

REI, lanjutnya, bukan tanpa alasan meminta sebagian lahan eks HGU PTPN 2 itu. Pasalnya diketahui bahwa sekitar 2.600 Ha dari luas lahan 5.873 Ha yang akan didistribusikan pemerintah, adalah masuk dalam Rencana Umum Tata Ruang (RUTR). "Harapan kami ini mohon kiranya permintaan kami ini dapat dipertimbangkan pemerintah," kata Umar Husin.

Dia menjelaskan, pembangunan rumah subsidi mendapat perhatian penuh dari pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Perhatian itu ditunjukkan antara lain dengan memberikan kemudahan, termasuk penghapusan PPn 10%, pengurangan bunga KPR FLPP menjadi 5%, bantuan uang muka Rp 4 juta dan lainnya.

Namun sayang, kemudahan-kemudahan itu kurang terserap karena sejumlah kendala di daerah, termasuk dari sisi ketersediaan lahan. "Ada lahan tapi kalau mahal sama saja," kata Umar.

Jelasnya lebih lanjut, harga rumah subsidi sudah ditentukan pemerintah. Pengembang tidak mungkin membeli lahan yang mahal untuk membangun rumah subsidi. Sebab, pengembang juga harus menyesuaikannya dengan harga rumah subsidi ketetapan pemerintah.
"Terus terang untung dari rumah subsidi tipis, jadi sangat berisiko kalau pengembang membangun rumah subsidi di lahan mahal," katanya. (benny pasaribu)

Sumber: http://www.medanbisnisdaily.com/news/read/2015/10/16/192580/eks-hgu-diminta-untuk-lahan-rumah-subsidi/#.ViBwBeyqqko
Share this article :
 
Copyright © 2014. DPD REI SUMATERA UTARA - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website