Perumahan di Sidikalang Laris Manis

Senin, 18 Mei 20150 komentar

Ternyata bukan hanya di Kota Medan yang laris manis perumahan, tapi juga di Sidikalang, Kabupaten Dairi. Terbukti, di Dairi sudah ada tiga pengembang dan rumah yang dibangun banyak peminatnya.

Permintaan perumahan bagi masyarakat khususnya di kota Sidikalang, Dairi, kian berkembang pesat. Dalam dua tahun terakhir sejumlah pengembang mulai bermunculan untuk membangun hunian dengan berbagai macam (tipe) sesuai keinginan konsumen dengan harga yang sangat terjangkau.

Salah satu dari tiga pengembang yang saat ini sudah membangunan perumahan yakni PT Pradipa Arka Selaras dengan proyek perumahan Puri Sidikalang Asri yang berlokasi di Kelurahan Panji Dabutar, Kecamatan Sitinjo. Pengembang itu kini telah membangun sekitar 450 unit rumah sederhana dan akan terus mengembangkan bisnis property tersebut untuk melayani kebutuhan masyarakat.

Staf marketing officer PT Pradipa Arka Selaras, Timbul Tampubolon, dikonfirmasi, di kantor pemasaran jalan Ahmad Yani Sidikalang mengatakan, minat masyarakat Sidikalang dan secara umum Kabupaten Dairi untuk membeli rumah sangat tinggi. Hanya saja, kata Timbul, pembeli atau calon debitur sangat selektif memilih lokasi, artinya jika lokasi strategis maka tidak akan sulit memasarkan dalam waktu singkat bisa cepat habis.

Dijelaskan, perumahan Puri Sidikalang Asri hingga saat ini sudah terbangun sekitar 450 unit, dan yang sudah angkat kredit sekitar 430 unit, sementara yang sudah ditempati 320 unit. Sedangkan penyedia KPR adalah bank BTN. Pengembang PT Pradipa Arka Selaras, tidak menyediakan rumah (ready stok) tetapi system pesan baru bangun.

Dia mengatakan, type 36 dengan luas tanah 8 x 15 meter dan besar bangunan 36 meter.

Sejauh ini, kata Timbul, debitur 50% dari kalangan masyarakat biasa dan 50% dari kalangan PNS. Dia menambahkan, seiring perkembangan kota Sidikalang dan pertambahan jumlah penduduk, persaingan dikalangan pengembang di daerah itu kian meningkat.

"Seiring persaingan tadi, untuk menarik hati konsumen (pembeli), perusahaan pengembang property melalukan perubahan atau menaikkan spek bangunan misalnya kalau bangunan lama menggunakan atap tilux, sekarang multi roof plus baja ringan. Begitu juga plapon, kalau dulu asbes sekarang menggunakan triplek," ungkapnya.

Menurut Timbul Tampubolon, sejak hadir di Kabupaten Dairi, pemerintah daerah sangat merespons terutama dalam perijinan semuannya berjalan lancar. Pengamatan wartawan konsentrasi pengembang proyek perumahan masih di seputar Kecamatan Sitinjo sebagai pintu masuk Dairi baik dari arah kota Medan, Tahan Karo, Samosir dan Humbang Hasundutan.

Sementara itu selain PT Pradipa Arka Selaras, dua pengembang lainnya yakni PT Kristian Agung Mandiri proyek perumahan Puri Sitinjo, Panji Bako serta PT Rori Nata dengan proyek Perurori Nata Residen juga berlokasi di Panji Sitinjo, kini mulai tahap pembangun. Disamping perumahan yang sebelumnya sudah ada berdiri seperti perumahan Kalang Simbara. (rzl/ mb)
Share this article :
 
Copyright © 2014. DPD REI SUMATERA UTARA - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website