Tiga Bangunan Terancam Amblas Perumahan di Patumbak Longsor

Kamis, 28 Mei 20150 komentar

reisumut.com - Medan

Hujan deras sepekan terakhir membuat lahan di bagian belakang kawasan perumahan Griya Prima Patumbak di Kampung Karo, Desa Patumbak Kampung, Kecamatan Patumbak, Deliserdang, menjadi longsor. Lahan yang berbatasan dengan lembah yang menjadi kolam pancing milik seorang warga semakin amblas saat hujan deras mengguyur pada Jumat malam.

Peristiwa itu membuat tembok pembatas perumahan dengan kolam pancing yang panjangnya sekira 40 meter jatuh ke kawasan kolam pancing. "Longsor pertama kali terjadi sejak Rabu malam, dan semakin parah saat hujan terus turun dalam dua hari terakhir," kata Yanuar, seorang warga perumahan.

Dia mengemukakan tanah amblas atau longsor tersebut juga membuat dua rumah kehilangan halaman samping dan halaman belakang, demikian pula halaman belakang mushala yang terletak di kawasan longsor perumahan tersebut. Akibatnya tiga bangunan itu seolah berada di tepi jurang dan dikhawatirkan amblas jika ada longsor susulan, apalagi satu rumah milik Opung Panjaitan mulai retak di bagian belakangnya. "Kami tak bisa tidur setiap malam sejak beberapa hari ini, takut ada longsor lagi," kata Panjaitan.

Para penghuni perumahan dibantu masyarakat sekitar bergotong royong membersihakan longsoran. Mereka juga menahan kemungkinan tanah amblas susulan dengan membuat benteng dari karung pasir yang disusun di kawasan longsoran tersebut.

Kepala Desa Patumbak Kampung Syahrial mengatakan pihaknya telah melaporkan peristiwa longsor itu ke pihak dinas terkait di pemerintahan Kabupaten Dileserdang. "Saya meminta penanganan segera, karena bencana ini merupakan musibah bagi masyarakat di sini," katanya saat ikut bergotongroyong bersama masyarakat di daerah longsoran itu.

Sahrial menambahkan Camat Patumbak dan pihak Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Kabupaten Deliserdang telah meninjau daerah bencana tersebut. "Kita tunggu bantuan dan penanganan dari mereka," katanya. ( rzl/mb)
Share this article :
 
Copyright © 2014. DPD REI SUMATERA UTARA - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website