Rumah Sederhana Masih Hadapi Kendala

Kamis, 17 April 20140 komentar

Reisumut.com – Semarang Rabu, 16 April 2014

Pengembangan rumah sederhana masih menghadapi kendala, mengingat para pengembang menunggu keputusan pemerintah terkait penghapusan pajak 10 % untuk harga baru rumah sederhana yang mencapai Rp 105 juta.

“ Kalau tidak ada pembebasan pajak maka akan memberatkan masyarakat yang berpenghasilan rendah, harga Rp 105 juta itu bagi mereka besar sekali ,” ujar Wakil Ketua Real Estat Indonesia (REI) bidang rumah sederhana Andi Kurniawan di Semarang, kamis (10/04/2014). Menurutnya pertumbuhan rumah sederhana melalui program FLPP (Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan) pada triwulan pertama tahun ini tidak ada lonjakan yang signiifikan.

Pihaknya berharap keputusan menteri Keuangan  terkait pembebasan pajak tersebut bisa segera turun namun dari informasi terakhir yang diperoleh, kementerian keuangan menghendaki berkas yang diajukan oleh Kementerian Perumahan Rakyat dilengkapi dengan berkas dari Departemen Pekerjaan Umum (PU) “padahal angka Rp 105 juta ini sudah dari kementerian PU yang berdasarkan masukan teman – teman pengembang di daerah, “ jelasnya.

Andi mengatakan keterlambatan keputusan tersebut otomatis membuat program FLPP cenderung melambat karena banyak pengembang  yang enggan untuk membuat rumah sederhana .” Jika tidak ingin kena pajak maka semua pengembang diwajibkan untuk menjual rumah sederhana dengan harga Rp 88 juta,  sementara saya pribadi saja sudah tidak bisa, ini yang mengakibatkan tidak ada faktor yang bisa mendongkrak penjualan di bidang rumah sederhana,’ jelasnya.

Mengenai kemungkinan penyempitan bangunan agar bisa sesuai dengan harga Rp 88 juta tersebut pihaknya khawatir tidak ada orang tertarik untuk membeli . “ sekarang orang sudah enggan untuk membeli rumah dengan type di bawah 27 itu hanya berisi satu kamar dan sudah bukan tren lagi,” jelasnya lagi. Oleh karena itu pihaknya mewakili pengembang berharap pemerintah segera memberikan keputusan terkait kondisi tersebut. (Rizal/MB)
Share this article :
 
Copyright © 2014. DPD REI SUMATERA UTARA - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website