REI Sambut Positif Developer Bergabung ke Program Pemerintah

Jumat, 05 Februari 20160 komentar

Real Estate Indonesia (REI) menyambut baik dengan semakin banyaknya developer yang bergabung untuk program satu juta rumah yang dicanangkan pemerintah.

Ketua DPD REI Sumut, Umar Husein, mengatakan, semakin bertambahnya developer yang masuk ke segmen menengah ke bawah tersebut, bisa mendukung program satu juta rumah yang dicanangkan pemerintah.

Sementara itu, Wakil Sekretaris Jendral Dewan Perwakilan Pusat Real Estate Indonesia (REI), Tomi Winstan, Program satu juta unit rumah yang dicanangkan pemerintah, sepertinya belum sepenuhnya terwujud. Namun, setidak-tidaknya nyaris terwujud dan walaupun belum terwujud tapi dukungan pemerintah pusat sudah sangat baik.

“Untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) kenapa tidak terwujud karena komersilnya yang lambat, untuk MBRnya di atas target tetapi untuk komersilnya memang lambat, sehingga pembangunan satu juta rumah tersebut jadi terkendala,” ujarnya.

Ia menuturkan, peran REI yang mengambil porsi 50 persennya dari seluruh Indonesia, dan salah satu yang menghambatnya adalah daya beli. “Yang saya liat yang melambatnya justru di komersil,” tuturnya.

General Manager Sales and Marketing PT Grha Kirana Development, Nur Eko Suryanto mengatakan, pihaknya memang fokus membangun rumah untuk segmen menengah ke bawah di Sumut.

"Kita saat ini mulai melakukan pembangunan yang nantinya total berjumlah 1.000 unit di atas lahan seluas 12 hektar. Sekitar 200 unit diantaranya berupa kios sekaligus tempat tinggal dan 800 unit sisanya berupa rumah tipe 36 dan 45," jelasnya.

Ia menuturkan, pihaknya menggunakan konsep pembangunan rumah layak huni dan siap pakai. Hal tersebut dilakukan agar masyarakat tidak perlu lagi mengeluarkan biaya tambahan saat tinggal di rumah tersebut.

“Kawasan perumahan yang kita hadirkan juga dilengkapi dengan fasilitas umum dan fasilitas sosial. Pemilihan tipe 36 dan 45 untuk rumah yang dibangun ini menunjukkan jika memang menyasar masyarakat menengah ke bawah,” tuturnya. Ia menjelaskan, pasar properti di Sumut, khususnya di Medan masih sangat terbuka. Bisnis properti di daerah ini masih sangat potensial, khususnya perumahan segmen menengah ke bawah yang dalam waktu satu tahun terakhir berkembang signifikan.

Sumber:http://medan.tribunnews.com/2016/01/31/rei-sambut-positif-developer-bergabung-ke-program-pemerintah?page=2
Share this article :
 
Copyright © 2014. DPD REI SUMATERA UTARA - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website