PLN Tegaskan Dukung Program Sejuta Rumah di Sumut

Senin, 16 November 20150 komentar

Medan. PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Persero Wilayah Sumut menegaskan dukungan terhadap program sejuta rumah yang digalakkan pemerintah.

PLN Wilayah Sumut sejauh ini tetap mengakomodir berapapun permohonan penyambungan baru rumah, baik untuk perumahan subsidi maupun rumah komersil.

"PLN selalu siap mengakomodir permohonan yang ada sepanjang memang pasokan itu ada," kata Deputi Manager Humas PPN Wilayah Sumut Mustaf Rizal kepada MedanBisnis, Jumat (13/11).

Ditemui di kantornya Jalan Yos Sudarso Medan, Mustaf Rizal menyebutkan daya yang disambungkan untuk perumahan adalah 900 VA hingga 1.300 VA.

"Umumnya 900 VA karena memang lebih banyak unitnya," katanya.
Oleh karena itu, sebutnya, pembangunan rumah di Sumut sebagai bagian dari program sejuta rumah yang dicanangkan pemerintah, dipastikan tidak akan terkendala dari sisi pasokan daya listrik.

"O nggak lah, kami dukung itu (penyambungan baru) untuk kesuksesan program sejuta rumah khususnya di Sumut ini," jelas Mustaf Rizal.

Karenanya, ujarnya lebih lanjut, pengembang tidak perlu khawatir akan dukungan PLN. "Tidak ada pembeda-bedaan di perumahan mana dan siapapun pengembangnya," ujarnya.

Hanya saja dihimbau agar permohonan penyambungan baru disampaikan secara lengkap. Biasanya pengembang mengetahui mekanisme penyambungan itu karena sudah satu paket dalam penjualan rumah.

"Kan ada lokasi perumahan yang memang belum dilalui kabel distribusi daya dan juga pemasangan trafo. Nah biasanya ini kita koordinasi dengan pengembangnya. Artinya secara umum tidak ada masalah," katanya.

Ketua DPD Realestat Indonesia (REI) Sumut Umar Husin mengatakan sejauh ini kerjasama pengembang dengan PLN Sumut maupun PLN Cabang atau Area masing-masing berlangsung baik. "O iya kita tidak pernah masalah soal listrik. PLN sejauh ini mengakomodirnya dengan baik," ujarnya.

Kerjasama yang baik diharapkan terus berlangsung. "Karena bagaimana pun perumahan tidak bisa berkembang kalau arus listrik nggak ada dan sebaliknya juga bahwa semakin banyak pelanggan PLN juga semakin bagus," katanya.

Diharapkan agar PLN terus menambah pasokan daya di Sumut. Itu bukan saja untuk sektor perumahan, tetapi juga untuk mendukung industri dan sektor usaha lainnya. "Saya kira kita harus terus berupaya membangun Sumut dari bidang kita masing-masing," tukasnya. (benny pasaribu)

Sumber: http://www.medanbisnisdaily.com/news/read/2015/11/14/198350/pln-tegaskan-dukung-program-sejuta-rumah-di-sumut/#.VklVRdIrKzc
Share this article :
 
Copyright © 2014. DPD REI SUMATERA UTARA - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website