Audiensi DPD REI Sumut Ke kantor BPN Sumatera Utara

Jumat, 25 April 20140 komentar

Audensi DPD REI Sumut dengan Bapak. Ir. Raden Muhammad Adi Darmawan. M. Eng. Sc Kakanwil BPN Sumatera Utara.


  Medan, Reisumut.com

Menjelang Audensi dengan Kakanwil BPN Sumatera Utara Ketua DPD REI Sumut telah dinantikan oleh Bapak. Ir. Raden Muhammad Adi Darmawan M. Eng. Sc dimana kantornya yang bersih, asri dan sejuk tidak seperti  yang dibayangkan oleh developer dengan  permasalahan pertanahan yang seram dan rumit di Sumatera Utara, setelah beberapa menit menunggu kawan – kawan dari DPD REI Sumatera Utara, Sekretaris bapak Raden mempersilahkan Ketua DPD REI Sumut  Bapak H. Umar Husin. SE. MM dan rekan – rekan pengurus DPD REI Sumatera Utara untuk masuk kedalam ruang  kerjanya, yang mana beliau telah menunggu kedatangan para pengurus DPD REI Sumut, pria yang berkacamata itu adalah Bapak Ir. Raden Muhammad Adi Darmawan M. eng. Sc. Orang nomor satu di BPN Sumatera Utara setelah beliau memperkenalkan diri kepada rekan – rekan para pengurus REI Sumatera Utara.

Pada audensi ini unsur pengurus yang hadir   sebanyak delapan orang yaitu H. Umar Husin. SE. MM Ketua DPD REI Sumatera Utara, Ir. H. Reza Sirait, H. Datuk Selamat Ferry, Yulius. ST,  Rakuta Karo – Karo. SE. Ak, Victor Marbun. SE dan hadir pula Wakil Sekjen  DPP REI  ( Ketua Kehormatan DPD REI Sumatera Utara ) Ir. Tomi Wistan serta dari Media on Line reisumut.com.

Kakanwil BPN Sumatera utara dalam pembicaraan awalnya beliau menjelaskan kepada para pengurus REI Sumatera Utara bahwa persoalan pertanahan di semua di daerah baik di Jawa maupun di Sumatera Utara semua sama. Persoalan pertanahan merupakan kendala utama bagi para pengembang dalam mengembangkan sebuah proyek. Hal itu sudah berlangsung lama dan dikeluhkan oleh banyak pengembang khususnya di Sumatera Utara.

Berkaitan dengan hal di atas Ir. Tomi Wistan yang sekarang menduduki jabatan sebagai Wakil Sekjen DPP REI, beliau menjelaskan kepada Kakanwil BPN Sumatera Utara, semasa dia menjadi Ketua DPD REI Sumatera Utara beliau telah membentuk Kelompok Kerja Pertanahan ( TIM Pokja Pertanahan ), menurut Tomi Wistan 40 % - 60 % masalah yang digeluti pengembang berkaitan dengan pertanahan. Karena itu tidak salah jika banyak kawan – kawan pengusaha yang tergabung di DPD REI Sumut mengeluhkan hal tersebut. Apalagi pembebasan lahan untuk kebutuhan perumahan RST ( dulu RSH) Rumah Sederhana Tapak sekarang namanya, sebagai pengembang yang membangun Rumah untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) kita harus jeli jika membeli dan membebaskan tanah, karena tanah di Sumatera Utara masih banyak tanah – tanah PTP yang masih berlaku  HGU, dan kalau bisa kita beli tanah yang tidak bermasalah dan jelas alas haknya.” Ujar Tomi Wistan.

Setelah Ketua DPD REI Sumatera Utara yang di pimpin oleh H. Umar Husin. SE. MM program kerja pertanahan yang telah berjalan di teruskan oleh Umar Husin dengan Pokja pertanahan, dan terus menginventarisir berbagai persoalan di daerah terkait masalah pertanahan , Tim Pokja pertanahan DPD REI Sumatera Utara akan meninjak lanjutinya berbagai persoalan yang dikeluhkan anggota DPD REI Sumut di daerah dengan meminta kepada  Kakanwil BPN Sumatera Utara, bapak Ir. Raden Muhammad Adi Darmawan.M. Eng. Sc agar mempasilitasi mengadakan pertemuan langsung dengan Kakan BPN yang ada di daerah seperti Medan, Deli Serdang, Binjai, Serdang Badagai, Sidempuan, Kisaran, Tebing Tinggi dan kalau bisa yang ada di Sumatera Utara kakan BPNnya,” ujar H. Umar Husin. SE. MM yang pernah menjabat di kanwil Bank Mandiri Medan.

Pada pertemuan itu H. Datok Selamat Perry memberikan masukan kepada Kakanwil BPN Sumatera Utara
agar ada standarisasi kepengurusan pertanahan yang ada di Sumatera Utara khususnya di Deli Serdang yang agak lambat, supaya kami sebagai pelaksana pembangunan rumah untuk masyarakat kelas bawah agar diprioritaskan dalam percepatan kepengurusan tanah, agar kami tidak gulung tikar ujarnya.

Didalam pertemuan ini kawan – kawan merasa lega karena tidak terlalu pormal tapi serius dalam pertemuan ini Victor Marbun. SE Wakil Ketua yang membidangi organisasi memberikan masukan kami tetap menjalankan prosudural apa yang telah ditetapkan BPN, tetapi kalau bisa jangan diperlambat.

Dukungan Kakanwil BPN Sumut pada pertemuan dengan DPD REI Sumatera Utara beliau secara lisan mendukung terbentuknya Tim Pokja pertanahan yang dibuat oleh DPD REI Sumatera Utara dan akan mempasilitasi rencana pertemuan dan dialog dengan BPN di daerah, saya prinsipnya setuju, karena semua bertujuan baik.” Begini pesan saya agar DPD REI Sumatera Utara membuatkan inventaris permasalahan yang ada pada anggota REI baik di daerah maupun yang ada di Kota Medan, karena kita hari ini hanya pertemuan silahturahmi dan perkenalan bukan membahas permasalahan. Begitu ujarnya.” mengakhiri perbincangan ini. (rizal)
Share this article :
 
Copyright © 2014. DPD REI SUMATERA UTARA - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website