Persepsi Keliru dalam Progam Sejuta Rumah

Senin, 07 September 20150 komentar

reisumut.com
Jakarta. Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Syarif Burhanuddin mengatakan masih kerap muncul persepsi keliru terkait program sejuta rumah yang dicanangkan pemerintah.

"Program sejuta rumah yang dicanangkan Presiden Joko Widodo bukan merupakan ajang bagi-bagi rumah dari pemerintah pusat ke masyarakat dan pemda," kata Syarif Burhanuddin dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, baru-baru ini.

Menurut dia, selama ini masih banyak pemda yang datang ke Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR dengan mengajukan permohonan pembangunan rumah dan tanahnya sudah disediakan oleh pemda setempat.

Dalam program tersebut, lanjut Syarif, sebenarnya pemerintah hanya mengalokasikan dana untuk 10% pembangunan rumah, sedangkan sisanya dibantu oleh pengembang, masyarakat dan pemda.

Dari angka 1 juta rumah itu dibagi menjadi dua yakni sekitar 600 ribu rumah untuk MBR (masyarakat berpenghasilan rendah) dan sisanya 400 ribu rumah untuk non-MBR. "Untuk rumah non-MBR pemerintah sepenuhnya menyerahkan ke mekanisme pasar sehingga tidak ada subsidi," jelasnya.

Dia memaparkan bahwa pemerintah ingin mendorong pembangunan rumah di Indonesia sehingga bisa mengurangi angka backlog atau kekurangan perumahan yang berdasarkan data BPS sudah mencapai angka 13,5 juta unit.

Hal itu, ujar dia, karena kebutuhan rumah untuk masyarakat terus meningkat setiap tahunnya jadi program tersebut dinilai memerlukan dukungan dari semua pihak agar jumlah backlog tidak terus bertambah.

Pemerintah optimistis program Sejuta Rumah yang menjadi salah satu andalan pemerintahan Presiden Joko Widodo-Wakil Presiden Jusuf Kalla bisa tercapai dan mengatasi backlog di berbagai daerah.

"Pemerintah optimis kalau tahun 2015 sejuta rumah bisa tercapai. Dimana 600 ribu unit untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) dan sisanya komersial," kata Dirjen Pembiayaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Maurin Sitorus.

Dia mengakui bahwa tantangan yang ada di bidang perumahan rakyat masih cukup besar antara lain data statistik tahun 2014 menunjukkan bahwa kesenjangan antara kebutuhan dengan penyediaan rumah masih sebesar 13,5 juta unit dari sisi kepemilikan. (cec)

Sumber: http://www.medanbisnisdaily.com/news/read/2015/09/07/185041/persepsi-keliru-dalam-progam-sejuta-rumah/#.Ve0x0NKeDGc
Share this article :
 
Copyright © 2014. DPD REI SUMATERA UTARA - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website