Sejarah Berdirinya DPD REI Sumatera Utara

Jumat, 27 Januari 20120 komentar

Propinsi  Sumatera Utara berada pada posisi garis lintang antara 1 derajat dan 4 derajat Lintang Utara dan antara 38 derajat dengan 100 derajat bujur timur. Sebelah daerah berbatasan dengan propinsi D.I. Aceh dan Selat Sumatera, sebelat Barat berbatasan dengan Samudra Indonesia, sebelah Selatan dengan propinsi Riau dan Sumatera Barat, yang memanjang Bukit Barisan, dari Propinsi D.I Aceh. Sumut, Bengkulu, Sumsel, dan Lampung.

Sejarah berdirinya REI di Sumatera Utara, tidak dapat dilepaskan keberadaannya dari “ ASOSIASI DEVELOPER SUMATERA UTARA” (ADSU) didirikan di Medan tahun 1982 di ketuai oleh Yan  Fauzi Lubis, beranggotakan 20 perusahaan kontruksi/kontraktor lokal. Menyadari keterbatasan asosiasi ini, tidak mungkin ADSU terus dipertahankan, apabila para pengembang sangat mengharapkan kehadiran suatu organisasi yang bisa menjanjikan kemajuan dimasa depan.

Jumlah penduduk Sumatera Utara dalam kurun waktu tahun 1971 s/d 1980 pertumbuhan penduduk rata – rata 2.62 % setiap tahun. Berdasarkan sensus penduduk tahun 1990 jumlah penduduk Sumatera Utara sudah mencapai 10.25 Juta jiwa , jika dibandingkan  dengan keadaan tahun 1980 dalam kurun waktu 10 tahun terakhir penduduk Sumatera Utara mengalami pertumbuhan sebesar 1.895.133 jiwa ( rata – rata 2.06 % ) itulah kenyataan yang perlu di antisipasi untuk pembangunan perumahan di Sumatera Utara.

Dalam kunjungan kerja Menteri  Negara Perumahan Rakyat RI Bapak Drs. Cosmos Batubara ke Sumatera Utara, menganjurkan agar salah satu pengurus dari ADSU berangkat ke Jakarta guna menjajaki didirikannya REI di Sumatera Utara, karena REI di tingkat pusat sudah berdiri sejak tanggal 11 Pebruari 1972 sebagai wadah para Developer yang dibentuk secara  Nasional.

Pada tanggal 20 Pebruari 1983, REI Sumatera Utara resmi terbentuk dengan nama “ REI Komisariat Sumatera Utara dan Aceh” didirikan atas restu REI Pusat dan  prakarsa anggota Asosiasi Developer Sumatera Utara (ADSU) yang anggotanya hanya pengembang dan Developer, sekaligus memilih dan melantik pengurus baru oleh ketua Umum DPD REI Bapak Suharjo SH, dan menetapkan masa bakti 1 (satu) priode kepengurusan selama 3 (tiga) tahun, sesuai dengan Anggaran Dasar Rumah tangga (AD & ART) REI pada bab VII ayat 2. Terpilih sebagai ketua REI Komisariat Sumatera Utara dan Aceh pada periode 1 (pertama) tahun 1983 s/d 1986 ini, Bapak Drs. Yopie S Batubara. Upacara pelantikan berlangsung di Hotel Tiara Medan, yang dihadiri oleh Ketua Umum DPP REI juga Dirut Bank Tabungan Negara (BTN) Gubernur Sumatera Utara ( Waktu itu Bapak EWP Tambuna), kanwil PU Sumatera Utara, Ketua Bappeda dan lain – lain.

 Pelantikan Pengurus REI Komisariat Sumatera Utara & Aceh

Setelah terbentuknya REI Komisariat Sumatera Utara dan Aceh, langkah pertama yang dilakukan adalah menyusun program kerja organisasi yang menjadi panduan pengurus serta anggota yang mampu memacu keberadaan REI selaku mitra pemerintah dalam pembangunan perumahan.
 Mantan gubernur sumatera utara bpk. EWP. Tambunan berkenan memberikan kata sambutan dalam acara peresmian berdirinya REI komisariat Sumatera Utara dan Aceh

Mantan kanwil PU sumatera utara berkenan memberikan kata sambutan dalam acara peresmian berdirinya REI komisariat sumatera utara dan aceh

STRUKTUR PENGURUS REI KOMISARIAT SUMATERA UTARA DAN ACEH
Masa bakti 1983 – 1986

DEWAN PEMBINA : GUBERNUR KDH SUMATERA UTARA (KETUA)

Dewan Pengurus REI Komisariat Sumatera Utara dan Aceh periode 1983 – 1986

Ketua : Yopie Sangkot Batubara
Wakil Ketua 

  1. T. M. Sihombing
  2. Tengku Nurdin
  3. Amir Efendi
  4. Bachtiar Rangkuti

Sekretaris : Sofyan Nasution
Bendahara : M. Situmeang. BA
Wakil Bendahara : Ny. Ida Batubara


Daftar Anggota rei Komisariat  Sumut & D.I Aceh Tahun 1983 – 1986
  1. PT. Ira Widya Utama                             
  2. PT. Elvaparama Corporation                 
  3. PT. Kurnia Pitra                                                                                
  4. PT. Sabda Cipta Jaya                     
  5. PT. Sewu Adhi Karya        
Share this article :
 
Copyright © 2014. DPD REI SUMATERA UTARA - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website